Ciparay : Terminal Cermin Kultur Masyarakat

February 4, 2008 at 5:54 pm | Posted in Kegelisahan | 5 Comments

Terminal Ciparay merupakan Terminal yang posisinya berdekatan dengan pasar Ciparay. Di sebelah selatan dari terminal, terdapat institusi pemerintahan daerah. Sehingga banyak juga para pejabat yang pulang pergi melewati terminal ini. Disebelah timur dari terminal, ada bangunan kantor polisi sebagai aparat keamanannya. saya sendiri pernah memohon pengesahan keterangan kelakuan baik dari kantor polisi tersebut. Dalam hal ini, berari polisi sebagai licence center bagi pengesahan kelakuan baik. Saya Cuma bisa tersenyum…..:).

 

Bisa dibilang, terminal ciparay merupakan lokasi dimana banyak orang dengan berbagai jabatan ada disana, dari kendektur, pengamen hingga pejabat pemerintahan meskipun tingkat daerah.

 

Tetapi tersedianya aparat pemerintahan tersebut tidak lantas membuat terminal Ciparay sebagai tempat yang indah dan tenang. Saya menyaksikan pasar yang kotor. Apalagi kalau musim hujan, sampah-sampah yang menumpuk ditengah-tengah pasar memunculkan bau yang tidak enak.

 

Ketertiban juga nampaknya masih terasa sebagai barang mahal. Diantara Mobil yang satu jurusan pun bahkan ada semacam persaingan tidak sehat dan membentuk kelompok-kelompok. Kondisi ini sangat tidak menguntungkan karena bisa memancing terjadinya kerusuhan antar supir gara-gara persaingan untuk berebut penumpang.

 

Dan nampaknya, para penumpang dihinggapi rasa tidak nyaman karena dia tidak bebas menaiki mobil yang disukainya. Jadi satu penumpang bisa diperebutkan oleh lebih dari dua kendektur. Lantas gimana kalau ada penumpang perempuan diperebutkan oleh 3 kendektur yang rata-rata laki-laki. Kan berabe juga jadinya.

 

Dan itu terjadi di terminal yang berdekatan dengan institusi keamanan dan kantor pejabat pemerintahan lokal. Saya berfikir, kenapa kekacauan sistem dalam penertiban transpormasi umum dibiarkan berjalan bahkan secara telanjang.

Nampaknya sensitifas sosial dan political will perlu di asah kembali agar keberadaan para pejabat tersebut memberi efek positif dalam penataan sistem yang bagus agar tidak terjadi persaingan tidak sehat diantara para supir yang sama-sama anak bangsa.

Mungkinkah terminal ciparay menjadi terminal yang bersih dan bermartabat?

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah sman barujati ituh ya?
    hmm bisa dibilang saya dah bosan dan muak sama keadaan pasar ini, apalagi terminalnya, memang benar saling berebutan, apalagi jurusan menuju ke kampung saya Ciparay – Arjasari, angkot yang berwarna merah itu, mereka tuh seringnya menaikan tarif ongkos seenaknya aja, BBM belum naik tapi dah duluan di naikin tanpa adanya persetujuan langsung dari aparat disana, yaaaa mendinglah kalo dibarengin sama sarana transportasinya yang layak, ini mobil butut ajah masih juga beroperasi, mana musti saling umpel2an di mobil…apalagi rute jalan ke Arjasari tuh turun naik, sangat mengerikan sekali kalau tiba tiba terjadi suatu kecelakaan dikeranakan mobilnya yang dah tua dan tidak layak beroperasi itu lagi.
    Hhhh akhirnya kita yang cuman orang kecil hanya dapat berpasrah.
    Aku juga heran kenapa tuh para utusan rakyar kok kayak yang menutup mata gitu yah…halah cape dechhh, lierrrrr!

  2. Urang mun balik ka ciparay, sok rajin ka pasar nganteurkeun pamajikan hayang meli tahu, enak cenah ha ha ha

    Salam ka sadayana urang Ciparay nya

  3. Pasar Ciparay sejak dulu merupakan salah satu pasar yang mendukung perekonomian banyak sekali keluarga. Mulai dari petani, buruh angkut, transportasi, pedagang, pembeli, dll pokoknya komplit!!! Di sisi lain, keberadaan pasar ini semakin hari semakin semerawut. Kesemerawutannya sudah sulit untuk digambarkan dengan kata-kata! Tapi itulah, yang namanya pasar hampir di seluruh kota di Indonesia selalu seperti itu… dicaci tapi dicari… Untuk pasar Ciparay yang tidak terlupakan KUAH LEUPEUT BARJAH!!

    • sekali BARJAH tetep BARJAH…………hidup KUAH LEUPEUT BARTAH!!!!!!!!!!

  4. nami abdi atep barat no hp 082126151698 bilih aya nu emut k abdi manga no abdi .abdi angkatan pertama jurusan ips


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: