Pengalaman Memperkenalkan Kaligrafi di SMUN

March 23, 2009 at 9:40 pm | Posted in Kegelisahan | 3 Comments
Tags: , ,

Calligraphy

Calligraphy


Sebagai orang yang terlahir di daerah Ciparay – Lembur Awi, tepatnya di Kampung Kukun Tanjakan, saya menaruh peduli terhadap institusi pendidikan dekat lingkungan saya. SMUN 1 Ciparay adalah salah satunya. Meski demikian, bukan berarti saya lulusan atau anak SMUN. bukankah SMUN bukan milik orang-orang yang sekolah didalamnya atau guru-guru yang mengajar disana, tapi SMUN adalah juga milik masyarakat dengan latar belakang yang berbeda.

Waktu kursus bahasa inggris di ELC (English Lover Club) milik pak Entis yang dulu berlokasi di Jalan cagak, sekarang di Cikoneng, saya banyak bertemu dengan anak-anak SMUN yang sama-sama mengikuti kursus bahasa inggris di sana. dari sana saya kenal dengan Teh MIla Cs (Rombongan anak SMUN yang kursus di ELC). Klo tidak salah, Teh Mila berasal dari Leles dan di SMUN dia ngambil jurusan IPA, itupun klo tidak salah. Untuk waktu ini, barangkali Teh Mila sudah kelar dan menjadi mantan anak SMUN. Semoga tetap sukses aja Teh!!

Nah kebetulan waktu itu, Teh Mila ini aktif sekali di bagian Rohis (Rohani Islam), semacam organisasi internal yang bergerak dalam aktifitas keagamaan terutama Islam. Pada saat kursus di ELC, saya menawarkan untuk sharing dengan anak-anak Rohis dalam Pembelajaran Seni Kaligrafi. Kesepakatan pun dibikin.

Sebetulnya motive saya untuk memperkenalkan kaligrafi di SMUN, selain untuk memasyarakatkan Seni Kaligrafi juga, saya ingin mengetest mental saya dalam menghadapi anak-anak di kelas. Alhamdulillah, pas datang waktunya, saya bisa memberikan materi tanpa gerogi. Waktu itu, materi kaligrafi yang disampaikan tidak lah terlalu mendalam karena waktunya hanya satu hari saja dan itupun dipotong waktunya untuk melakukan debat dengan menggunakan bhs Inggris. waktu itu yang didebatkan adalah “Should smoking be banned by law?”.

Proses debat dengan bahasa inggrisnya ini ternyata bagus juga untuk melatih daya kritis anak-anak selain melatih kemampan berbahasa. waktu itu, aturannya tidaklah strick harus pake bahasa inggris, karena banyak diantara peserta yang menggunakan bahasa inggris sekaligus bahasa indonesia. hal itu dapat wajar saja, namanya juga latihan berdebat dengan bahasa inggris. yang keluar menjadi pembicara terbaik sesuai suara terbanyak adalah saudari Peni. selamat ya Pen terlah terpilih menjadi pembiara dan pendebat terbaik saat itu.

Hal yang sangat disayangkan waktu itu adalah, Teh Mila sendiri tidak sempat memberikan introduksi terhadap anak-anak. saya langsung dihadapkan sama anak-anak Rohis, habis itu Teh Mila entah kemana, tanpa basa basi, Teh Mila kabur. Gimana sih Teh hehehe..ya mungkin ini juga merupakan proses pembelajaran bagaimana sebuah aktifitas dijalankan dengan baik.

Kegiatan pemberian materi dan debat pun sudah dilakukan. Pas saya mau pamitan, Ketua Rohis menghampiri saya dan hendak memberikan amplop. entah apa isinya. Saya bilang, gak usah deh, saya melakukan hal ini karena “having fun” dengan (menyemai ilmu) bukan karena maaf amplop. Mungkin dia menyamakan saya dengan pemateri-pemateri lain, atau bisa saja dia mengetest idelologi yang saya pakai (Materialist atau tidak). Amplop itu saya tolak dan saya pikir uang itu sebaiknya digunakan untuk meng “energize” kegiatan positif lainnya bagi anak-anak Rohis bahkan anak-anak SMUN secara keseluruhan.

Tapi ada pertanyaan dalam diri saya, Kalo ada Rohis (Rohani Islam), kenapa tidak ada kegiatan yang sama dari agama lain? bukankah SMUN adalah Sekolah Umum dimana apresiasi dan penghormatan terhadap agama yang berbeda dijungjung tinggi. Apakah tidak adanya organisasi keagamaan dari agama selain islam di SMUN merupakan cermin bahwa kebebasan mendirikan organiasi keagamaan di pasung? ah entahlah..ini hanya pertanyaan subjekif dan liar saya saja.
bagaimana pun..terus maju anak-anak SMUN dan bangun sekolah kalian dengan karakter yang berani, tegas dan mengatakan tidak untuk penguasa Tyrant

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kaligrafi islam jenis lukisan kaca bagus2, silahkan lihat2 di:

    http://kacabidang.wordpress.com/2009/08/16/calligraphy-islam-ci-309-312-313/

    trims.

  2. Kang alamat lengkap tempat kursusnya dimana yah?
    saya teh lagi nyari buat adek nih di sekitar ciparay😀
    Nuhun kang, diantos.

  3. aduh kg,, maaf ya atas kejadian dulu, maklum belum berpengalaman…heuheu
    semoga sukses yaa!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: