Tawuran Pelajar SMUN, Pernahkah??

March 23, 2009 at 10:49 pm | Posted in Uncategorized | 3 Comments
Tags: , , ,
Chaos

Chaos

Salam.
Saya pernah sekolah di SMP Negeri 2 Pacet. Peristiwa tawuran antar pelajar sering terjadi antar sekolah.
Untunglah waktu itu, saya tidak terlibat dengan teman-teman yang bentrok fisik dengan anak-anak dari sekolah lain. Saya dengar, mereka yang terlibat tawuran bahkan menggunakan Batu bata dan saling melempar, bahkan konon ada yang bawa pisau. Bushet deh.

Kenapa sih tawuran antar pelajar mudah sekali terjadi? Apa memang mereka diajarkan “dimensi-dimensi” ke arah tawuran oleh gurunya dikelas? Atau memang itulah cermin pendidikan kita?

Dengar dari kawan waktu di SMP, tawuran itu terjadi bisa dipicu oleh persoalan rebutan cewek, atau karena berpapasan dijalan dan kemudian saling ejek satu salam lain. Atau juga bisa karena salah satu pihak berlagak sombong dan meremehkan anak dari sekolah lain. maka, dengan penuh kebodohan dan luapan emosi, mereka mudah terpelanting dalam kondisi chaos bernama tawuran.

Lagi pula, kenapa harus pakai tawuran. jika memang jantan, maka satu lawan satu dengan tangan kosong adalah lebih baik dan lebih baik jika sportifitas pun tetap dipegang, yang kalah belajar menerima kelalahan dan yang menang tetap bersikap santun, yang menjadi pemengan adalah dia yang mengalahkan kawannya tanpa melukai. tapi nampaknya, tawuran dan main keroyokan lebih digandrungi.

Saya mempertanyakan kembali kedalam sistem pendidikan di kita. bukankah tawuran dan keroyokan antar pelajar merupakan cermin gagalnya sistem pendidikan di kita. pendidikan kita belum berhasil dalam membangun karakter yang tanggung jawab, pemberani dan respektif. yang ditonjolkan malah paksaan untuk menghapal, jika tidak hapal kemudian digebuk, di jewer atau bahkan dipermalukan didepan anak-anak lain.

Apakah reformasi pendidikan itu berjalan atau tidak? kita bisa merasakan itu semua ditempat kita belajar. Saya tidak tahu persis, apakah anak-anak SMUN pernah terlibat tawuran atau tidak? Jika pernah, maka cukup satu kali saja karena bangsa ini sedang menghadapi persoalan yang lebih penting kedepan dan memiliki persoalan bangsa yang cukup serius. Butuh orang-orang yang serius pula. tawuran dan keroyokan tdak boleh diberikan tempat untuk terjadi. Kompetesi dalam kreatifitas dan keilmuan harus jadi fokus mulai dari detik ini untuk bisa bersaing dengan belahan bumi lainnya.
Tawuran..now way bro.

by ahmad

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. menurut aku tawuran itu merupakan cara kami untuk melampiaskan emosi ..
    yang timbul akibat betapa susahnya hidup …

    By: budak tamsis palembang

  2. Adek-adekku yang baik… jangan pernah tergoda untuk ikut tawuran ria… ingat ya… tugas utamamu adalah menuntut ilmu sebanyak-banyaknya… ilmu untuk bekal hidup di dunia maupun akhirat, dan ingat ortu kita dengan susah payah berjuang untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk kita, alangkah sedihnya mereka begitu mengetahui ternyata buah hatinya lebih suka berantem daripada belajar… lagipula tawuran itu tindakan BODOH dan cerminan sifat PENGECUT!!! Kalau ada yang bilang bahwa tawuran cerminan kesetia kawanan itu namanya BOHONG! Karena teman yang baik, tidak akan pernah sekalipun membawa temannya ke hal-hal yang negatif jadi SAY NO TO TAWURAN!!! OK.. GOOD LUCK!

  3. jangan pernah ikut tauran berbahaya bisa
    bisa dimara mama loe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: